logo
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

info@your business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

pendaftaranusmstan@gmail.com

Top

6 Materi yang Bakal Keluar di TKD USM PKN STAN, Kamu Wajib Tahu!

6 Materi yang Bakal Keluar di TKD USM PKN STAN, Kamu Wajib Tahu!

Halo Pejuang STAN!

Kamu sudah tahu tiga tahapan USM PKN STAN kan? Yang pertama Tes Tertulis (TPA dan TBI), selanjutnya Tes Kesehatan Kebugaran (TKK), dan yang ketiga nih, tes pamungkas, tes terakhir yang bakal menentukan apakah kamu akan jadi mahasiswa STAN atau nggak, yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Di tahun-tahun sebelumnya banyak yang mengeluhkan bahwa banyak yang gagal di tahap ini. Sebenarnya sama aja dengan tes tahap 1 dan 2 kok. Sama-sama harus diperhatikan, sama-sama harus aware. Bedanya, jika di tes sebelumnya kamu hanya perlu untuk melewati nilai mati, kali ini kamu juga harus mengejar poin. Kenapa? Karena merupakan tes terakhir, nilaimu akan diranking dengan pejuang STAN yang lainnya. Nilai-nilai yang terbaik, itulah yang akan mengisi kuota penerimaan mahasiswa baru di STAN.

Nah, maka kamu perlu persiapkan banget nih untuk TKD. Wawasan sejarah dan wawasan kebangsaan kamu diuji di tes ini. Yuk lihat kisi-kisi materi TKD yang bisa kamu pelajari…

  1. Sejarah Kerajaan

Kamu suka cerita, baca novel, dan dongeng? Ibaratnya saat baca materi sejarah itu, kamu sedang membaca sebuah novel dengan cerita yang menarik di dalamnya. Apalagi sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia yang akan keluar di TKD USM STAN nantinya. Mainkan saja imajinasimu saat mempelajari Kerajaan Hindu Budha dan Kerajaan Islam yang ada di Nusantara ya…

  1. Sejarah Indonesia

Nah, sebagai warga negara Indonesia, dan sebagai calon punggawa keuangan negara, wajib tahu sejarah negerinya sendiri dong. Sejarah Indonesia menjadi materi yang diujikan di TKD. Seperti sejarah perjuangan baik sebelum maupun setelah kemerdekaan, lalu ada juga perjanjian dan konferensi dengan negara lain, hubungan Indonesia dengan negara lain, serta kejadian-kejadian pasca kemerdekaan lainnya. Seperti zaman orde baru dan reformasi.

  1. Sejarah Perang Dunia

Masa-masa kemerdekaan Indonesia tak jauh-jauh dengan sejarah perang dunia. Malah berkesinambungan. Di materi sejarah, kamu perlu mempelajari tentang kejadian, tokoh-tokoh, dan tanggal-tanggal penting ya.. Seperti pihak-pihak yang terlibat, alasan terjadinya perang dunia, dan lain sebagainya.

  1. Undang-Undang

Pasal-pasal akan keluar di materi ini. Kamu bisa mempelajari poin-poin pentingnya saja. Namun ada soal yang juga memberikan bunyi pasal, dan kamu diminta untuk mengetahui pasal nomor berapa dari yang diajukan.

  1. Pancasila

Nah, yang namanya orang Indonesia jangan sampai nggak hafal Pancasila ya guys.. Ketahui juga lambang per sila dan contoh aplikasi dari tiap sila ya.. Ini berguna banget buat menjalani hidup juga lhoo…

  1. Lembaga Pemerintahan

Lembaga seperti MPR, DPR, fungsi dan tugasnya perlu kamu cari tahu nih… Jangan lupa untuk cari tahu lembaga yang menanungi bakal calon kampus kamu ya guys. Apapalgi kalau bukan kementerian Keuangan..

 

Nah, udah tahu kan kisi-kisi TKD yang akan diujiankan di USM PKN STAN. Pelajari ya Infiniters… Semakin dekat dengan STAN. Tinggal selangkah lagi. Jangan dianggap beban ya.. Maka, agar kamu tahu pola soal seperti apa yang muncuk ketika ujian, kamu juga penting banget untuk latihan soal. Sambil belajar, juga mengasah otakmu..

 

Kamu lagi berproses nih, ibarat kata-kata bijak berikut ini,

Setiap orang yang mencoba mencapai hal besar, tanpa mereka sadari bahwa hidup adalah kumpulan dari hal-hal kecil. Connecting the dots. Hubungkan titik-titik untuk menggambar garis di hidupmu.

Share
No Comments

Post a Comment