logo
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

info@your business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

pendaftaranusmstan@gmail.com

Top

7 Tips dan Trik Lulus Tes Kesehatan dan Kebugaran USM PKN STAN

7 Tips dan Trik Lulus Tes Kesehatan dan Kebugaran USM PKN STAN

Hai Pejuang STAN…

USM PKN STAN merupakana satu-satunya cara bagi kamu lulusan SMA sederajat yang ingin tercatat sebagai mahasiswa kampus kedinasan yang keren banget ini. Kamu udah tahu dong, kalau USM terdiri dari 3 tahapan tes, yaitu tes tertulis, tes kesehatan kebugaran (TKK), dan tes kemampuan darsar (TKD).

Nah, kali ini akan dibahas, gimana sih persiapan dan tips trik agar lulus TKK yang berada di tahapan kedua yang mesti kamu tahu. Nggak cuma sekedar tahu, yang paling penting kamu juga mesti mengaplikasikannya yah.. By the way, kamu udah tahu belum bagaimana prosedur TKK?

Jadi, kesehatan kamu akan dicek terlebih dahulu, seperti tinggi badan, berat badan, dan lainnya. Setelah cek kesehatan, maka kamu harus melewati tes kebugaran. Terdiri dari lari selama 12 menit, diharapkan kamu bisa mencapai 2,5 km. Selain itu juga ada shuttle run nih…

Nah, siap menerima tips dan trik untuk TKK? Baca sampai habis ya… Tips Nomor 7 nggak disangka-sangka.

  1. Hilangkan perasaan menganggap remeh TKK

Sebagian peserta tes di tahun-tahun sebelumnya, ada yang menganggap remeh tes kesehatan kebugaran ini. Hmm, jangan anggap remeh ya. Dari pengalaman, meskipun rajin olahraga sebelumnya, nggak jadi jaminan untuk lulus tes tahap 2 ini. Nah, yang udah rajin olahraga aja begitu, apalagi yang jarang olahraga. Jadi, anggap semua tahapan tes penting ya, agar porsi kamu memperjuangkannya sama-sama optimal.

  1. Latihan dari jauh-jauh hari

Banyak yang melakukan persiapan tes tertulis dengan belajar dan latihan soal dari jauh-jauh hari. Namun, juga banyak yang malas untuk latihan fisik persiapan TKK dari awal. Sebagian malah menunggu pengumuman kelulusan tes tahap 1 terlebih dahulu. Jika nama kamu tercantum di pengumuman kelulusan, barulah mulai latihan fisik. Wah, jangan sampai seperti itu ya.. Bahaya nih… Kamu mesti cari aman dengan latihan dari jauh-jauh hari. Jika kamu paksakan berlatih di wkatu mepet, takutnya ketika tes, kamu malah nggak bisa mencapai target yang ditentukan. Eits, pemanasan jangan lupa ya…

Cara latihannya, setiap minggu, kamu wajib banget lari sejauh 5 km yang itu kamu cicil bebas dalam 7 hari. Yang penting rutin. Contohnya gini, di hari ke-1 kamu lari 1 km, di hari ke-2 kamu lari 2 km, sampai hari ke-7, artinya dalam seminggu kamu sudah lari sejauh 7 km, maka target kamu tercapai!

  1. Gunakan aplikasi yang mendukung untuk latihan

Dunia makin canggih nih. Makin banyak juga aplikasi yang bisa membantu kamu saat latihan fisik untuk mengetahui data-data yang diperlukan. Seperti jumlah kalori yang terbakar, termasuk jumlah km lintasan yang telah kamu lalui. Contohnya, kamu bisa menggunakan aplikasi endomondo, run, nike+run, runtastic, dan banyak lainnya.

  1. Latihan yang konsisten

Konsisten itu perlu. Ibaratnya, saat kamu pertama kali latihan, kamu mulai dari 0. Di latihan berikutnya, kamu mulai dari 3. Begitu seterusnya. Jika tak konsisten, di latihan selanjutnya, kamu sepert memulai kembali dari 0 nih. Sebaliknya, kamu akan mengalami kemajuan dan akselerasi jika konsisten latihan.

  1. Jangan terlalu memaksakan tubuh

Saat latihan, jika kamu sudah benar-benar lelah, jangan paksakan tubuhmu. Jangan sampai kamu malah nggak bisa lari ketika hari H TKK berlangsung.

  1. Kecepatan konsisten

Nah, ini tips saat kamu berjuang di TKK nih. Saat berlari, jangan sampai kamu berhenti ya. Begitu kamu berhenti berlari, kamu akan dinyatakan gugur. Usahakan agar kecepatan larimu konsisten, meski memang tak terlalu cepat juga dari awal.

  1. Wajah jangan terlihat lelah

Ini tips lanjutannya nih. Saat TKK, usahakan wajahmu tak terlihat lelah, kamu harus terlihat bahagia dan tunjukin kalau kamu kuat! Karena kebugaranmu kan yang dinilai.

 

Sudah dapat tips dan triknya kan… Semoga 7 tips di atas bisa membuatmu berhasil saat melalui tes tahap 2 USM PKN STAN, alias Tes Kesehatan Kebugaran ya…

Jangan lelah duluan, jangan menyerah duluan. Karena kesuksesan sudah di depan matamu… Kami tunggu kamu di PKN STAN di tahun ini ya.

Share
No Comments

Post a Comment