logo
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

info@your business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

pendaftaranusmstan@gmail.com

Top

Daftar Jurusan Favorit di PKN STAN

Daftar Jurusan Favorit di PKN STAN

Halo infiniters!

Yuk di cek jurusan yang paling favorit di kampus Aliwardhana. Ketika kamu menginginkan sesuatu, maka kamu harus memahami secara detail apa yang kamu inginkan dan bagaimana cara meraihnya.

Sejak perubahan nama STAN menjadi PKN STAN pada tahun 2015, jurusan di PKN STAN dibagi menjadi 4, dengan total 10 program studi yang terdiri dari D1, DIII, dan DIV. Nah, berikut ini adalah jurusan paling banyak diminati oleh para pejuang STAN.

  1. Jurusan Pajak

Jurusan Perpajakan merupakan jurusan yang paling banyak diminati, akan tetapi jumlah mahasiswa yang diterima tidak sebanyak jumlah mahasiswa akuntansi. Secara umum jurusan perpajakan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan ranah pajak penghasilan (PPh), pajak pertambahan nilai dan penjualan atas barang mewah (PPN dan PPnBM), pajak internasional, dan mash banyak lagi. Akan tetapi ranah jurusan perpajakan tidak termasuk pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB P2).

  1. Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi merupakan jurusan dengan jumlah mahasiswa paling banyak dibandingkan dengan jurusan yang lain dan memiliki dua prodi yaitu prodi diploma III dan diploma IV (Setara Sarjana). Jurusan ini diarahkan untuk mendidik lulusan agar memiliki kompetensi akuntansi menejerial baik secara praktikal maupun konseptual yang dibutuhkan oleh instansi-instansi dibawah Kementrian Keuangan. Lulusan dari jurusan ini diharapkan mampu melakukan proses pencatatan, klarifikasi, peringkasan, pengolahan dan pengkajian semua data transaksi serta kejadian yang berkaitan dengan keuangan. Kegiatan tersebut nantinya akan menghasilkan laporan keuangan yang menjadi dasar penentuan kebijakan bagi suatu instansi.

  1. Jurusan Kepabeaan dan Cukai

Jurusan Kepabeaan dan Cukai terdiri dari dua prodi yaitu prodi diploma I dan III. Jurusan ini menggunakan sistem pendidikan yang diterapkan semi-militer. Prodi diploma I terbuka untuk perempuan, akan tetapi prodi diploma III hanya terbuka untuk laki-laki. Jurusan ini erat kaitannya dengan ranah transaksi jual beli antar negara yaitu ekspor dan impor. Selain dari segi pengenaan pajak atas transaksi tersebut, juga mengenai persyaratan dan pengurusan izin ekspor dan impor.

  1. Jurusan Manajemen Aset

Jurusan Manajemen Aset memiliki 3 spesialisasi di bawahnya, yaitu Spesialisasi Manajemen Aset, Spesialisasi Kebendaharaan Negara, dan Spesialisasi Penilai/ Pajak Bumi dan Bangunan.

Spesialisasi Kebendaharaan Negara terdiri dari dua prodi yaitu prodi diploma I dan III. Pada dasarnya lulusan dari jurusan ini dididik untuk menjadi bendahara pemerintah yang professional. Pembelajranannya terkait dengan hal-hal perencanaan anggaran, penyusunan APBN, dan perancangan APBD, serta hal-hal yang berkaitan dengan inventarisasi asset-aset pemerintahan baik pemerintah pusat maupun daerah.

Spesialisasi Penilai/ Pajak Bumi dan Bangunan hanya memiliki satu prodi yaitu prodi diploma III. Kemampuan khusus yang dimiliki jurusan ini berhubungan dengan cara penagihan, prosedur pembayaran dan penyerahan asset sebagai kekayaan negara, serta undang-undang yang terkait keagrariaan.

Sedangkan Spesialisasi Menejemen Aset, hanya memiliki satu prodi saja yaitu prodi diploma III. Jurusan ini mulanya jurusan juruan Pengurusan Piutang Lelang Negara (PPLN) yang sejak 2015 berubah nama menjadi Menejemen Aset. Fokus utama dari menejemen asset yaitu mengurus semua hal yang berkaitan dengan inventarisasi asset-aset yang dimiliki oleh negara serta kekayaan lainnya. Sehingga kompetensi yang ditanamkan terkait dengan cara pengelolaan, penagihan serta langkah-langkah optimalisasi penggunaannya.

Nah, gimana? Sudah tahu kan ada di urutan berapa jurusan yang kamu mau?

Yuk, segera tancap gas untuk berjuang dan berusaha untuk diterima di jurusan yang kamu mau!
Sampai ketemu di Kampus PKN STAN tahun ini yaa…

Share
No Comments

Post a Comment