logo
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

info@your business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

pendaftaranusmstan@gmail.com

Top

Mengenal Instansi- Kementerian Perhubungan

Mengenal Instansi- Kementerian Perhubungan

Adik-adik, kali ini kakak akan mengajak adik-adik untuk berkenalan dengan Kementerian Perhubungan atau Kemenhub. Salah satu instansi yang juga menampung lulusan PKN STAN, tetapi dia bukan dibawah naungan Kementerian Keuangan. Lulusan PKN STAN yang mulai ditempatkan di instansi ini yaitu lulusan tahun 2016 kemarin. Sebanyak 82 orang lulusan DIII Akuntansi dan 15 orang lulusan DIII Kebendaharaan Negara ditempatkan di instansi ini tahun 2016 kemarin.

Dalam instansi ini juga dibagi menjadi direktorat-direktorat untuk menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Pembagian tersebut antara lain.

Menteri Perhubungan,

Sekretariat Jenderal, yang dibagi menjadi 9 unit kerja antara lain Biro Perencanaan, Biro Kepegawaian dan Organisasi, Biro Keuangan dan Perlengkapan, Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri, Biro Umum, Pusat Data dan Informasi, Pusat Kajian Kemitraan dan Pelayanan Jasa Transportasi, Pusat Komunikasi Publik, dan Mahkamah Pelayaran.

Sekjen memiliki tugas pokok dalam melaksanakan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan tugas dan administrasi dilingkungan departemen perhubungan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian dan ketatalaksanaan, pendayagunaan sumber daya, serta hubungan antar lembaga masyarakat. Selain koordinasi, juga ada kerja sama baik dalam maupun luar negeri dalam meberikan pelayanan teknis dan administrasi.

Dirjen Perhubungan Darat, dibagi menjadi 6 unit kerja yaitu Sekretariat Dirjen Perhubungan Darat; Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Sungai, Danau, dan Penyebrangan; Direktorat Bina Sistem Transportasi Perkotaan; Direktorat Keselamatan Transportasi.

Memiliki tugas pokok dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis dibidang perhubungan darat dengan penyiapan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan dan pemberian ijin, perumusan standar, norma, pedoman, kriteria dan prosedur di bidang transportasi jalan, transportasi sungai, danau dan penyebrangan, perkeretaapian dan pelaksanaan kebijakan transportasi perkotaan. Selain itu juga memberikan bimbingan teknis dan evaluasi, serta melaksanakan administrasi dilingkungan dirjennya.

Dirjen Perhubungan Laut, dibagi dalam 6 unit kerja yakni Sekretariat; Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut; Direktorat Pelabuhan dan Pengerukan; Direktorat Perkapalan dan Kepelautan; Direktorat Kenavigasian; dan Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai.

Memiliki tugas pokok dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standarisasi di bidang lalu lintas dan angkutan laut, pelabuhan dan pengerukan, perkapalan dan kepelautan, kenavigasian serta penjagaan dan penyelamatan. Selain itu juga berperan dalam pemberian bimbingan teknisa dan evaluasi, serta pelaksanaan administrasi

Dirjen Perhubungan Udara, yang dibagi dalam 10 unit kerja yaituSekretariat Dirjen Perhubungan Udara; Direktorat Angkutan Udara; Direktorat Bandar Udara; Direktorat Keamanan Penerbangan; Direktorat Navigasi Penerbangan; Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara; Otoritas Bandara; Balai-Balai; UPT Bandara; dan UPT Bandar Udara.

Memiliki tugas pokok dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standarisasi di bidang perhubungan udara terkait angkutan udara, keselamatan penerbangan, sertifikasi kelaikan udara, teknik bandar udara, fasilitas elektronika dan listrik penerbangan. Selain itu juga berperan dalam perumusan standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur di bidang perhubungan udara, pemberian bimbingan teknisa dan evaluasi, serta pelaksanaan administrasi.

Dirjen Perkeretaapian, dibagi kedalam 5 unit kerja antara lain Sekretarian Dirjen Perkeretaapian; Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api; Direktorat Sarana dan Prasarana Perkeretaapian; Direktorat Keselamatan Perkeretaapiaan.

Dirjen ini memiliki tugas pokok dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standarisasi di bidang lalu lintas dan angkutan kereta api, teknik sarana dan prasarana, serta keselamatan kereta api. Selain itu juga berperan pemberian bimbingan teknisa dan evaluasi, serta pelaksanaan administrasi.

Inspektorat Jenderal, dibagi dalam 6 unit kerja yaitu Sekretariat Inspektorat Jenderal, Inspektorat I, II, III, IV, dan V.

Memiliki tugas pokok dalam melaksanakan pengawasan fungsional dilingkungan kementerian perhubungan.

Badan Pengambangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, dibagi menjadi 5 unit kerja yaitu Sekretariat; Pusat Pengambangan SDM Perhubungan Darat, Laut, Udara, dan Aparatur Perhubungan.

Memiliki tugas pokok dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan dibidang perhubungan, baik itu pendidikan dan pelatihan awal, teknis dan fungsional serta di bidang menejemen pendidikan dan pelatihan perhubungan darat, laut, udara, meteorology dan geofisika.

Staf Ahli Kementerian, yang secara garis besar memiliki tugas terkait meberikan telaah kepada menteri perhubungan mengenai masalah yang ditangani masing-masing staf ahli. Mulai dari lingkungan, teknologi dan energi, regulasi dan keselamatan, multimoda dan kesistemam, ekonomi dan kemitraan perhubungan.

Nah, itulah sekilas info mengenai kemeterian perhubungan, untuk lebih jelasnya Adik-adik bisa mengunjungi www.dephub.go.id ya. Jangan lupa tetap semangat belajar USM dan mengikuti bimbelnya yaa.

Share
No Comments

Post a Comment