logo
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

info@your business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

pendaftaranusmstan@gmail.com

Top

Tiga Tahapan USM PKN STAN Yang Harus Kamu Lalui

Tiga Tahapan USM PKN STAN Yang Harus Kamu Lalui

Hai hai Pejuang STAN…

Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN makin dekat nih. Sudahkah kamu tahu tentang tes yang mesti kamu lalui? Jadi ada 3 tahapan nih.. Apa aja sih?

Eits, tapi sebelumnya kamu mesti lulus seleksi berkas atau seleksi admintrasi dulu ya.. Pastikan dirimu masih bisa mendaftar. Salah satu contohnya nih, usia kamu mesti di bawah 20 tahun per 1 September tahun ini. Kamu juga merupakan lulusan SMA/sederajat.

Seleksi berkas juga mesti teliti ya.. Sering banget, calon peserta USM mesti balik lagi ke rumahnya untuk menjemput berkas yang tak dibawa. Biasanya karena lupa, tertinggal, ataupun karena yang bersangkutan tidak tahu karena kurang teliti saat melihat pengumuman persayaratan berkas. Selain itu, untuk seleksi berkas ini, nggak di semua kota dilaksanakan Infiniters, hanya di kota-kota tertentu saja.

Setelah kamu lulus seleksi adminitrasi dan seleksi berkas, barulah kamu bisa menjalani tes tahap 1 USM PKN STAN.. Berikut tahapan-tahapan yang mesti kamu lalui di USM PKN STAN. Yuk dicek dulu…

  1. Tes Tertulis

Ini tahapan pertama yang kamu lalui setelah kamu melalui seleksi administrasi berkas. Tes tertulis USM PKN STAN memang berbeda dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jika di SBMPTN soal yang keluar berasal dari bebrapa materi pelajaran. Misalnya kamu menyasar jurusan sains dan teknologi di PTN, maka yang diujiankan ialah soal-soal Kimia, Fisika, Biologi, Matematika IPA. Jika kamu menyasar jurusan sosial dan hukum, maka yang diujiankan pun Ekonomi, Sosiologi, Geografi, serta Sejarah.

Nah, di USM PKN STAN, yang diujikan di tes tahap 1 ini terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Lebih universal kan? Mesti kesannya lebih gampang dari SBMPTN, namun soal-soal yang keluar juga menguji kemampuan nih. Maka kamu perlu persiapan dari jauh-jauh hari. Baik itu latihan soal, belajar mandiri, ataupun mengikuti bimbingan belajar khusus PKN STAN.

  1. Tes Kesehatan dan Kebugaran

Jika kamu lulus tes tahap 1, maka tahap selanjutnya ialah Tes Kesehatan dan Kebugaran. Di sini, kesehatan dan fisik kamu akan dicek. Seperti tinggi badan, berat badan, kesehatan mata, dan lainnya. Untuk tinggi badan, jurusan tertentu memang mensyaratkan tinggi minimal agar bagi mahasiswanya.

Setelah kesehatan kamu dicek, selanjutnya kebugaran kamu yang dinilai nih. Ada dua jenis tes untuk itu. Yang pertama, kamu akan diminta berlari selama 12 menit. Idealnya dalam waktu sekian, kamu bisa melewati jarak 2,5 km atau sekitar 6 kali keliling lapangan bola. Jangan sampai berhenti ketika kamu kelelahan, karena nantinya kamu malah langsung terhitung gagal. Setelah tes lari, kamu akan tes shuttle run. Yaitu lari zig-zag angka delapan, dengan beberapa penghalang yang diletakkan berselingan. Hal ini juga sering dilakukan pemain bola saat sesi latihan.

  1. Tes Kemampuan Dasar

Nah, ini tahap terakhir sekaligus tahap pamungkas dari rangakaian USM PKN STAN. Jika kamu lulus, maka 99% bisa dipastikan kamu akan segera menjadi STANer. Materinya terdiri dari sejarah, wawasan kebangsaan, kenegaraan, serta Tes Kemampuan Psikologi (TKP).

 

Udah tahu kan tahapan-tahapan USM… Tiap-tiap tahapannya ada strategi berbeda yang mesti kamu terapkan, sesuai dengan porsi-porsinya. Persiapkan semaunya dengan seksama ya. Jangan sampai meremehkan salah satu tahapan, hal itu biasanaya malah membuatmu gagal di tahapan tes tersebut.

“Dengan semangat, kamu pasti bisa. Maka bersemangatlah di dalam hatimu.” – Anonim

Share
No Comments

Post a Comment