logo
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

info@your business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

pendaftaranusmstan@gmail.com

Top

Ketahui Perbedaan PTN, PTS, dan PTK

Ketahui Perbedaan PTN, PTS, dan PTK

Kamu siswa SMA/sederajat? Mau lanjut kuliah?

Nah, sebelumnya, kamu mesti tahu dulu, apa aja sih jenis-jenis perguruan tinggi yang bisa jadi pilihan kamu untuk melanjutkan pendidikan. Dengan mencari tahu info tersebut, kamu bisa dapat bayangan bagaimana perbedaan di masing-masing jenis perguruan tinggi tersebut. Agar bisa sesuai dengan passion kamu dan sejalan dengan cita-cita can keinginan yang mau kamu capai.

Nah, cek info berikut ini, perbedaan antara PTN vs PTS vs PTK:

  1. Biaya kuliah

PTN:

Biaya kuliah di PTN kini ditentukan oleh tingkat Uang Kuliah Tertulis (UKT) yang diperoleh masing-masing mahasiswa. Dengan sistem UKT, mahasiswa akan membayar biaya pendidikan sesuai dengan tingkat ekonomi orang tua. Ada yang dapat UKT tingkat paling rendah, yang hanya membayar Rp500.000 atau Rp0. Ada yang mendapat UKT dengan level paling tinggi, dengan biaya pendidikan yang mencapai hingga puluhan juta. Sementara itu jika dibandingkan, PTN tentu saja mendapat bantuan dari pemerintah untuk operasionalnya.

 

PTS:

Nah, untuk PTS, ada beberapa yang biayanya lebih murah dibanding PTN. Namun umumnya, biaya kuliah PTS lebih mahal. Hal ini disebabkan kepemilikan swasta sehingga untuk operasional kampus memang dibebankan pada uang kuliah yang dibayar mahasiswa.

 

PTK:

Nah, dari segi jumlah, PTK memang jauh lebih sedikit dibanding PTN dan PTS. Namun PTK langsung dikelola oleh kementerian yang menanunginya. Misalnya nih, STAN yang dinaungi oleh Kemenerian Keuangan, atau IPDN yang dinaungi Kementerian Dalam Negeri. Biaya pendidikan di PTK, hampir semuanya gratis, alias tanpa biaya pendidikan.

 

  1. Beasiswa

PTN:

Di PTN memang lebih banyak beasiswa buat mahasiswanya nih, biasanya penerimaannya per semester ataupun per tahun. Namun untuk mendapat beasiswa tersebut, tentu saja mesti melalui proses seleksi.

 

PTS:

Ada beasiswa di PTS, namun biasanya relatif sedikit.

 

PTK:

PTK memang sudah gratis nih biaya kuliahnya, seperti yang disebut di atas. Nah, biasanya PTK memberikan beasiswa, jika kamu sudah lulus pendidikan di PTK, kamu masih bisa melanjutkan lagi pendidikan selanjutnya dengan beasiswa lho, bahkan hingga keluar negeri.

 

  1. Kecepatan bekerja setelah lulus

PTN:

Lulusan PTN biasanya melalui masa-masa menganggur dulu sebelum mendapat pekerjaan pertamanya. Umumnya ‘masa tunggu’ tersebut sekitar 3 bulan.

 

PTS:

Sama dengan PTN, lulusan PTS memang melalui masa tunggu terlebih dahulu untuk mendapatkan pekerjaan.

 

PTK:

Sesuai dengan namanya, kedinasan. Lulusan PTK ada ikatan dinas, sehingga ketika wisuda lulus, langsung mendapat pekerjaan.

 

  1. Fasilitas

PTN:

Fasilitas umumnya sudah terjamin karena ada standar dari pemerintah.

 

PTS:

Tergantung, kemampuan PTS berbeda-beda. Ada yang lengkap dan bagus, namun ada yang masih kurang.

 

PTK:

Fasilitasnya sudah terjamin, sama dengan PTN. Ada standar dari pemerintah dan kementerian yang berwenang.

 

  1. Staf pengajar

PTN:

Staf pengajar berkualitas.

 

PTS:

Ini kembali lagi ke masing-masing PTS, ada yang staf pengajarnya berkualitas, namun ada juga yang kurang.

 

PTK:

Pengajarnya berkualitas. Bahkan memamng terdiri dari kalanagan akademis, dan profesional sesuai dengan fokus dari PTK tersebut. Misalnya, STAN, banyak dosennya yang berasal dari pegawai lingkungan Kementerian Keuangan.

 

  1. Ujian saringan masuk

PTN:

Ketat. Karena yang masuk PTN banyak.

 

PTS:

Masuk PTS lebih mudah dibanding PTN dan PTK.

 

PTK:

Sangat ketat, terdiri dari beberapa tahap. Hal ini dikarenakan peminat yang begitu banyak dan memang yang dicari benar-benar yang memenuhi kualifikasi. Kenapa peminatnya begitu banyak? Karena keunggulan dari PTK yang juga bagus banget.

 

 

Nah,  itu dia perbandingan PTN, PTS, dan PTK. Dengan info di atas, diharapkan kamu bisa memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan kamu, dan juga yang paling memberikan kamu peluang yang bagus di masa depan nih.

Seperti kata pepatah, Tuntulah Ilmu Sampai Ke negeri China… Kejar terus cita-citamu ya…

Share
No Comments

Post a Comment