logo
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus, ut hendrerit mi pulvinar vel. Fusce id nibh

Mobile Marketing

Pay Per Click (PPC) Management

Conversion Rate Optimization

Email Marketing

Online Presence Analysis

Fell Free To contact Us
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean feugiat dictum lacus

1-677-124-44227

info@your business.com

184 Main Collins Street West Victoria 8007

pendaftaranusmstan@gmail.com

Top

STAN UPDATE

PKN STAN merupakan kampus favorit di Indonesia. Pada 2017 lalu saja, ada 133.000 lebih pendaftar ke kampus ini. Sementara kuota bangku yang tersedia untuk mahasiswa baru hanya 6000-an saja.

Siapa saja alumni dari kampus keren ini? Simak info berikut ini…

  1. Sudirman Said

Beliau tercatat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia pada Kabinet Kerja era Presiden Jokowi. Terhitung sejak tanggal 27 Oktober ia mulai mengemban jabatan tersebut., hingga 27 Juli 2016. Ia juga semat aktif dalam ikatan alumni STAN. Serta terpilih menjadi Ketua Umum Ikanas Keuangan STAN 2013-2016.

Sudirman Said menjadi alumni STAN pada tahun 1990 dan berkesempatan melanjutkan pendidikan di bidang Administrasi Bisnis pada George Washington University.

  1. Ito Warsito

Beliau tamatan STAN tahun 1989. Sama serti Sudirman Said, Ito Warsito juga berkeseman untk melanjutkan studi MBA-nya di Harvard Business School. Hingga kini beliau pun fokus pada bidang keuangan.

 

  1. Alexander Marwata

Beliau menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk masa jabatan 2015-2019. Sama dengan Sudirman Said, Alexander Marwata juga menjadi orang yang mencoba untuk memeragi korupsi. Hal ini diperlihatkan degan jabatannya sebagai hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

  1. Haryono Umar

Setelah menyelesaikan pendidikan di STAN, Haryono Umar kemudian mendapatkan gelar master of science pada bidang Akuntansi di University of Houston, Tedas, Amerika Serikat.

Beliau juga telah doktoral di Bidang Ekonomi Akuntansi dari Universitas Padjajajran.

Beliau aktif di Badan Pengawaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) lama 23 tahun. Serta juga ktif menjabat sebagai Ketua Ikatan Akuntan Indonesia.

 

Nama-nama di atas hanya sebagian kecil alumni STAN. Banyak alumni lain yang sudah berkontribusi untuk negara ini. Kamukah daftar nama selanjutnya?

 

(diolah dari berbagai sumber)

Halo Pejuang STAN,

Jika kamu calon para perantau yang akan berkuliah di kampus PKN STAN, jangan khawatir… Ada banyak organda di kampus ini yang bisa jadi tempat bernaung kalian selama menjalani pendidikan di sini nih… Organda itu apa sih Kak? Nah, yuk kita simak penjelasan berikut…

Organda itu akronim dari organisasi daerah. Anak-anak yang berasal dari satu daerah tergabung di masing-masing organda mereka. Bentuknya macam-maca, tergantung dari masing-masing organda. Tapi umumnya, organda tersebut berbentuk paguyuban.

Di organda, kamu bisa ketemu teman-teman sekampung sehingga bisa mengobati yang homesick nih, apalagi mahasiswa baru yang baru saja melangkahkan kakinya keluar dari daerahnya. Suasana yang terbangun, agak-agak mirip dengan suasana di kampung halaman, karena dalam berkomunikasi umumnya menggunakan kembali bahasa daerah masing-masing.

Selain itu, terkhusus untuk mahasiswa baru juga nih. Bakal ada yang bantuin untuk mengenal dunia kampus yang baru, bantui nyari tempat kos, ngasih tau tips-tips menjalani perkulihan, memberi tahu karakter dosen, hingga menunjukkan tempat yang asyik untuk main. Karena ada rasa memiliki kesamaan, dan umumnya berbentuk paguyuban, rasa kekeluargaan di organda biasanya tinggi nih.

Oiya, dan satu lagi. Ketika kamu rindu masakan kampungmu, dan kebetulan ada teman satu organda yang baru dapat kiriman makanan nih, kemungkinan kamu bisa ketiban rejeki nomplok juga nih, hehehe.

Untuk PKN STAN, biasanya organda masing-masing daerah punya basecamp khusus sebagai tempat ngumpulnya nih.

Nah, makin penasaran kan, ada nggak sih organda daerahmu di PKN STAN? Yuk cek…

 

SUMATERA

  1. Aceh                         → Aneuk Nanggroe
  2. Sumatera Utara     → Ikatan Mahasiswa Muslim Sumatera Itara (IMMSU)
  3. Sumatera Barat      → IKM Tuah Sakato
  4. Jambi                       → Persatuan Mahasiswa Jambi  STAN (PERMAJAS)
  5. Bengkulu                 → Himpunan Mahasiswa Bumi Rafflesia (HIMAMIRA)
  6. Sumatera Selatan  → Kelurga Mahasiswa Bumi Sriwijaya (PERMUSI)
  7. Lampung                → Keluarga Mahasiswa Lampung (KEMALA)

 

JAWA

  1. Bandung → Keluarga Mahasiswa Bandung (KEMBANG)
  2. Banten → Himpunan Mahasiswa STAN Banten (HIMASTABA)
  3. Banjarnegara → Pasaderekan Mahasiswa Banjarnegara (SEMBARA)
  4. Banyumas → Paseduluran Warganing Mahasiswa Banyumas    (PERWAHAMAS)
  5. Banyuwangi → Paseduluran Lare Banyuwangi (PELANGI)
  6. Bekasi → Solidaritas Mahasiswa Bekasi (SOMASI)
  7. Blitar → Ikatan Mahasiswa Blitar di Jakarta (IMALITA)
  8. Blora → Forum Komunikasi Mahasiswa Blora (FOKMABA)
  9. Bogor → Pasundan Bogor
  10. Bojonegoro → Mahasiswa STAN Asal Bojonegoro (MAESTRO)
  11. Bondowoso → Putar Putri Gerbang MaUt (PAPIGEMA) STAN
  12. Boyolali → Forum Komunikasi Mahasiswa Boyolali (FKMB)
  13. Cianjur → Ikatan Kelurga STAN Ciamis (IMSC)
  14. Demak → Kota Wali Bersaudara (KALIBER)
  15. Brebes → Keluarga Mahasiswa STAN Daerah Brebes (KMSDB)
  16. Ciamis → Kuluwarga Nonoman Diploma Keuangan Asal Galuh (KANDAGA)
  17. Cilacap → Ikatan Mahasiswa STAN Asal Cilacap (IMSAC)
  18. Cirebon, Majalengka, Kuningan, & Indramayu → Ikatan Keluarga Gunung Jati (IKAGATI)
  19. Depok → Persatuan Mahasiswa Asal Depok Raya (PERSADA) STAN
  20. Garut → Ikatan Mahasiswa Garut (IMAGA)
  21. Jakarta → Persaudaraan Mahasiswa Jakarta (PERMATA)
  22. Jember → Ikatan Mahasiswa Jember (IMJ)
  23. Jombang → Ikatan Mahasiswa Jombang di Jakarta (IMAJJ)
  24. Karang Anyar → Ikatan Mahasiswa Karang Anyar (IMAKA)
  25. Kebumen → Paguyuban Mahasiswa STAN di Jakarta (PAMAKJA)
  26. Kediri → Keluarga Mahasiswa Kediri (KAMADIRI)
  27. Kendal → IKM Bahurekso
  28. Klaten → Persaudaraan Mahasiswa Klaten (PUSAKA)
  29. Kudus & Jepara → Ikatan Mahasiswa Kudus Jepara (IKMJ)
  30. Lamongan → Asosiasi Mahasiswa Lamongan (As-Salam)
  31. Lumajang → Mahasiswa Lumajang di Jakarta (MALTA)
  32. Madiun & Magetan → Ikatan Mahasiswa Madiun-Magetan STAN (IKAMMA STAN)
  33. Madura → Forum Silaturahmi Mahasiswa mAdura (FORSIMMA)
  34. Magelang → Ikatan Keluarga Mahasiswa Magelang (IKMM)
  35. Malang → Mahasiswa Arek Malang
  36. Mojokerto → Ikatan Mahasiswa Muslim Mojokerto (IKMB)
  37. Nganjuk → Mahanata Nganjuk
  38. Pasuruan → Mahasiswa Untung Surapati (MAHAPATI)
  39. Pati → Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP)
  40. Pekalongan & Batang → Ikatan Keluarga Mahasiswa Pekalongn Batang (IMAKABA)
  41. Pemalang → Forum Mahasiswa Pemalang (FORMMAL)
  42. Ponorogo → Ikatan Keluarga Mahasiswa Ponorogo (IKMP)
  43. Probolingo → Keluarga Mahasiswa Probolinggo (KEMPRO)
  44. Purbalingga → Pasederekan Warganing Purbalingga (DEWANGGA)
  45. Purwodadi-Grobogan → Keluarga Mahasiswa Purwodadi
  46. Salatiga → Ikatan Keluarga Mahasiswa Salatiga (IKASA)
  47. Semarang → Ikatan Mahasiswa Semarang (IKMAS)
  48. Sidoarjo → Forum Mahasiswa Sidoarjo (FORMASI DELTA)
  49. Situbondo → Keluarga Mahasiswa Situbondo (GAMASI)
  50. Solo → Paseduluran Priyayi Solo (PASPILO)
  51. Sragen → Persaudaraan Mahasiswa STAN Sragen Asri (PERMASRI)
  52. Subang → Mahasiswa Karawang dan Subang Karawang (MAHABRATA)
  53. Sukoharjo → Ikatan Keluarga Mahasiswa Sukoharjo (IKEMAS)
  54. Sumedang → Tampomas
  55. Surabaya → Himpunan Mahasiswa Surabaya (HIMASURYA)
  56. Tangerang → Komunitas Mahasiswa STAN Tangerang (KONSTANTA)
  57. Tasikmalaya → Paguyuban Mahasiswa Diploma Keuangan Tasikmalaya (PAMADIKA)
  58. Tegal → Ikatan Mahasiswa Tegal
  59. Temanggung → Gabungan Mahasiswa STAN Temanggung (GAMATA)
  60. Tuban → Himpunan mahasiswa Putra Ronggolawe (HIMPURA)
  61. Trenggalek → Kramat Jati

 

KALIMANTAN

  1. Kalimantan                         → Mahasiswa Kalimantan (MAHAKAM)

 

SULAWESI

  1. Sulawesi Selatan              → Ikatan Mahasiswa Angin Mamiri (IMAM)

 

INDONESIA TIMUR

  1. Indonesia Timur               → PERMATA INTIM

 

Wuih, ada banyak banget organda di STAN ternyata. Wajar sih, karena memang yang kuliah di sini uh dari seluruh Indonesia.. Di organda nggak cuma untuk membina hubungan baik dengan mahasiswa dari daerah yang sma aja. Sering juga nih ada kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh organda di STAN, seperti menunjukkan kesenian daerah masing-masing, try out untuk siswa SMA/sederajat di kampung halaman, dan lainnya…

Btw, meskipun nantinya kamu akan tergabung dengan organda, namun mesti kamu manfaatkan juga untuk cari teman sebanyak-sebanyaknya dari daerah lain. Karena mengenal perbedaan itu indah lho… Bhineka Tunggal Ika…

Namanya juga mahasiswa, biasanya nggak jauh-jauh dari yang namanya ikut organisasi. Anak STAN juga begitu. Jika nggak ada jadwal perkuliahan ataupun buat tugas, nggak ada yang namanya gabut untuk anak STAN. Banyaknya pilihan organisasi yang bisa dipilih di kampus ini, bisa jadi sarana dan wadah untuk mengolah soft skill kamu. Baik itu dalam berorganisasi, maupun menjadi jago dan mengembangakn diri sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

Yuk  dicek apa saja organisasi yang ada di STAN..

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Ini organisasi yang mengurus mahasiswa nih. Termasuk yang mengkoordinir kalau ada kegiatan-kegiatan seperti orientasi mahasiswa baru, dan lainnya.

  1. Badan Legislatif Mahasiswa (BLM)

Ini yang mengurus undang-undang. Ibaratnya Little DPR versi kampus STAN.

  1. Koperasi Mahasiswa (Kopma)

UKM satu ini memang beken banget. Rata-rata universitas di Indonesia pasti ada Kopma yang mewadahi siswanya untuk belajar tentang koperasi dan belajar kewirausahaan. Kopma juga bisa ditemukan di STAN.

  1. Stapala (kelompok pecinta alam)

Siapa bilang anak-anak STAN cuma sibuk belajar dan nggak suka menjelajah alam? Nih, buktinya. Stapala dipenuhi mahasiswa-mahasiswa yang senang bertualang, dan tentunya cinta pada alam.

  1. STAN English Club (SEC)

Suka cas-cis-cus pakai bahasa Inggris? Berhubung bahasa ini sudah penting banget untuk memudahkan berkomunikasi dengan warga negara lain, asyik banget untuk bisa nge-improve Bahasa Inggris di komunitas ini.

  1. KSR PMI

Yang pernah ikut kepalangmerahan, yang peduli dengan isu-isu kerelawanan, ada KSR PMI yang bakal menampung jiwa sosial mahasiswa STAN.

  1. Komunitas Budaya Asing (KBA)

Penasaran untuk belajar budaya dari negara lain? Di sini tempatnya.

  1. Sharia Accounting and Finance Forum

Sesuai dengan namanya, Forum Keunangan dan Akuntansi Syariah. Di organisasi anggotanya belajar tentang ekonomi syariah tentunya.

  1. 7SPADES

Dari namanya udah keren dan beda banget ya. Tapi ini organisasi apa sih? Organisasi ini mewadahi mahasiswa STAN yang ingin belajar dan meningkatkna kemampuan sulap mereka. Jarang banget ada komunitas sulap yang ada di kampus-kampus nih.

  1. Seni Bela Diri

Ini UKM untuk mengolah fisik nih. Btw, beladiri itu nggak cuma mengolah fisik. Tapi juga belajar seni, ketahahan, juga kesabaran.

  1. STAN Chess Interest Club (klub catur)

Nggak cuma organisasi untuk mengolah fisik. Ada juga untuk mengolah otak kamu dalam menyusun strategi nih.

  1. Al-Lughoh (kelompok studi Bahasa Arab)

Nggak cuma klub Bahsa Inggris, ada juga nih klub buat belajar Bahasa Arab.

  1. Scene (klub pecinta film)

Para pecinta film, luar maupun dalam negeri, ngumpulnya di sini nih.

  1. Organisasi Keagamaan

Ini juga banyak jenisnya. Mulai dari organisasi keagamaan Muslim, Kristen, Budha, Hindu, juga Konghucu.

  1. Kesenian

Di cabang kesenian, banyak organisasi yang bisa diikuti. Sesuai dengan passion, dan bakat yang mau dikembangkan. Untuk olah vokal, ada Vocawardana Choir. Suka main musik? STAN Music Comunity siap menerimamu. Teater Alir pun ada, yang bakal mewadahimu untuk mengolah kemampuan akting.

  1. Himpunan Jurusan

Ini dia paguyuban yang bisa mempererat hubungan teman-teman sejurusan. Baik itu seangkatan, kakak kelas, maupun adik kelas.

  1. Lainnya

Masih banyak nih organisasi lainnya. Pusat Kajian Akuntansi dan Keuangan Publik, STAN Olympic Team, STAN Capita Market Club, STAN Information Club.

 

Nah, di poin terakhir ini, kamu ngerasa penasaran nggak itu organisasi bidang apa? Tapi dari namanya sepertinya keren dan udah kebayang ya..  Daripada nebak aja, pastikan dirimu jadi STANer dulu ya Infiniters dan cari tahu langsung ke kampus STAN… 😊

Halo infiniters!

Yuk di cek jurusan yang paling favorit di kampus Aliwardhana. Ketika kamu menginginkan sesuatu, maka kamu harus memahami secara detail apa yang kamu inginkan dan bagaimana cara meraihnya.

Sejak perubahan nama STAN menjadi PKN STAN pada tahun 2015, jurusan di PKN STAN dibagi menjadi 4, dengan total 10 program studi yang terdiri dari D1, DIII, dan DIV. Nah, berikut ini adalah jurusan paling banyak diminati oleh para pejuang STAN.

  1. Jurusan Pajak

Jurusan Perpajakan merupakan jurusan yang paling banyak diminati, akan tetapi jumlah mahasiswa yang diterima tidak sebanyak jumlah mahasiswa akuntansi. Secara umum jurusan perpajakan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan ranah pajak penghasilan (PPh), pajak pertambahan nilai dan penjualan atas barang mewah (PPN dan PPnBM), pajak internasional, dan mash banyak lagi. Akan tetapi ranah jurusan perpajakan tidak termasuk pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB P2).

  1. Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi merupakan jurusan dengan jumlah mahasiswa paling banyak dibandingkan dengan jurusan yang lain dan memiliki dua prodi yaitu prodi diploma III dan diploma IV (Setara Sarjana). Jurusan ini diarahkan untuk mendidik lulusan agar memiliki kompetensi akuntansi menejerial baik secara praktikal maupun konseptual yang dibutuhkan oleh instansi-instansi dibawah Kementrian Keuangan. Lulusan dari jurusan ini diharapkan mampu melakukan proses pencatatan, klarifikasi, peringkasan, pengolahan dan pengkajian semua data transaksi serta kejadian yang berkaitan dengan keuangan. Kegiatan tersebut nantinya akan menghasilkan laporan keuangan yang menjadi dasar penentuan kebijakan bagi suatu instansi.

  1. Jurusan Kepabeaan dan Cukai

Jurusan Kepabeaan dan Cukai terdiri dari dua prodi yaitu prodi diploma I dan III. Jurusan ini menggunakan sistem pendidikan yang diterapkan semi-militer. Prodi diploma I terbuka untuk perempuan, akan tetapi prodi diploma III hanya terbuka untuk laki-laki. Jurusan ini erat kaitannya dengan ranah transaksi jual beli antar negara yaitu ekspor dan impor. Selain dari segi pengenaan pajak atas transaksi tersebut, juga mengenai persyaratan dan pengurusan izin ekspor dan impor.

  1. Jurusan Manajemen Aset

Jurusan Manajemen Aset memiliki 3 spesialisasi di bawahnya, yaitu Spesialisasi Manajemen Aset, Spesialisasi Kebendaharaan Negara, dan Spesialisasi Penilai/ Pajak Bumi dan Bangunan.

Spesialisasi Kebendaharaan Negara terdiri dari dua prodi yaitu prodi diploma I dan III. Pada dasarnya lulusan dari jurusan ini dididik untuk menjadi bendahara pemerintah yang professional. Pembelajranannya terkait dengan hal-hal perencanaan anggaran, penyusunan APBN, dan perancangan APBD, serta hal-hal yang berkaitan dengan inventarisasi asset-aset pemerintahan baik pemerintah pusat maupun daerah.

Spesialisasi Penilai/ Pajak Bumi dan Bangunan hanya memiliki satu prodi yaitu prodi diploma III. Kemampuan khusus yang dimiliki jurusan ini berhubungan dengan cara penagihan, prosedur pembayaran dan penyerahan asset sebagai kekayaan negara, serta undang-undang yang terkait keagrariaan.

Sedangkan Spesialisasi Menejemen Aset, hanya memiliki satu prodi saja yaitu prodi diploma III. Jurusan ini mulanya jurusan juruan Pengurusan Piutang Lelang Negara (PPLN) yang sejak 2015 berubah nama menjadi Menejemen Aset. Fokus utama dari menejemen asset yaitu mengurus semua hal yang berkaitan dengan inventarisasi asset-aset yang dimiliki oleh negara serta kekayaan lainnya. Sehingga kompetensi yang ditanamkan terkait dengan cara pengelolaan, penagihan serta langkah-langkah optimalisasi penggunaannya.

Nah, gimana? Sudah tahu kan ada di urutan berapa jurusan yang kamu mau?

Yuk, segera tancap gas untuk berjuang dan berusaha untuk diterima di jurusan yang kamu mau!
Sampai ketemu di Kampus PKN STAN tahun ini yaa…